Senin, 05 September 2011

Studi Di Negara Singapura



Menurun, Minat Studi ke Negara Singapura

Studi-Di-Singapura
Berikut adalah artikel tentang adanya penurunan jumlah orang-orang yang melakukan studi ke Singapura pada tahun 2009 lalu. 

Jumlah mahasiswa Indonesia yang mengambil studi di negara Singapura mengalami penurunan hingga 30 persen di tahun 2009. Berdasarkan data dari situs Singapore Tourism Board, jumlah mahasiswa Indonesia di tahun 2009 hanya mencapai 10 ribu orang dari total mahasiswa asing sekitar 70 ribu mahasiswa, berbeda dengan jumlah di tahun 2008 yang mencapai lebih dari 18 ribu mahasiswa Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Services Manager Universal, Suwito, dalam Singapore Education Fair 2010 yang digelar di Hotel Novotel, Jln. Cihampelas Kota Bandung, Selasa (2/1) sore.Kendati terjadi penurunan, Suwito menuturkan bahwa hal tersebut tidak mengurangi minat calon mahasiswa untuk mencari informasi mengenai pendidikan tinggi di sana. "Tidak begitu jelas mengapa tren penurunan ini terjadi. Namun sampai saat ini, Singapura masih tetap menjadi salah satu tujuan utama siswa-siswa Indonesia untuk melanjutkan studinya, terutama untuk jurusan desain dan kuliner," katanya.

Jarak yang tidak begitu jauh dengan Indonesia, kata Suwito,menjadi salah satu alasan kenapa siswa Indonesia belajar di Singapura. Selain itu, kebudayaan yang tidak begitu jauh berbeda serta biaya kuliah yang masih terjangkau disebut Suwito sebagai alasan mengapa Singapura masih menjadi tujuan utama mahasiswa Indonesia.Dalam kegiatan kali ini, terdapat sekitar sembilan institusi pendidikan Singapura yang ikut serta. Meski relatif sepi pengunjung, tetapi pameran pendidikan ini menjadi agenda tahunan yang telah digelar untuk yang kedelapan kalinya. "Kami memang tidak menargetkan jumlah pengunjung pada acara ini. Biasanya yang datang hanya sekitar 30 orang, paling banyak juga 100 orang," ujar Suwito.

Selain Bandung, pameran serupa juga diadakan di Malang, Jakarta, dan Denpasar. Suwito menambahkan, pada pameran kali ini juga disediakan beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya ke Singapura. Salah seorang pengunjung Mawarni (17), siswi SMKN 1 Bandung, mengaku ingin mencari informasi terkait pendidikan tinggi di luar meskipun belum berencana mengambil studi di Singapura. 

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Studi Di Luar Negeri Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger