Jumat, 02 September 2011

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan


Nah, setelah kita tahu cara-cara untuk bisa melakukan studi di luar negeri, sekarang kita perlu mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan studi, antara lain:

1. Negara yang kita tuju untuk melakukan studi

Lakukan survey terlebih dahulu mengenai negara yang akan kita tuju tersebut, baik dari segi lingkungan pendidikan dan tempat tinggal kita, kehidupan sosial negara tersebut, dan juga segi keamanan dan kenyamanan yang bisa kita dapatkan di negara tempat kita melakukan studi. Dan kita harus mencari informasi mengenai keunggulan ilmu-ilmu pendidikan yang dimiliki suatu negara. Contoh, Amerika sudah terkenal dengan kualitas pendidikan ekonominya, Swiss dengan pendidikan perhotelannya, atau Jerman dengan pendidikan teknologinya. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu pendidikan secara maksimal di negara-negara yang memiliki keunggulan bidang pendidikan tertentu.
 
       2. Melakukan pendaftaran 

Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, baik itu informasi pribadi, informasi keuangan, juga sampai tes kesehatan. Khusus untuk tes kesehatan, beberapa negara sangat tegas untuk persyaratan ini. Serahkan semua dokumen-dokumen ini ke konsultan pendidikan (jika Anda mendaftar melalui agen pendidikan) atau ke Depdikbud (jika Anda ingin mendapatkan beasiswa studi di luar negeri). Setelah itu, akan ada test wawancara, test pengetahuan umum baik lisan maupun tulisan. Anda bisa menanyakan soal ini kepada teman-teman atau kerabat yang pernah melakukan test ini sehingga Anda bisa menyelesaikan semua test dengan baik.

       3. Mempersiapkan dana

Ini salah satu faktor yang teramat penting, karena Anda harus memperhitungkan dengan teliti berapa biaya yang Anda harus keluarkan ketika berada di negara tempat Anda melakukan studi. Dengan melakukan budgeting dan bertanya pada teman-teman yang sudah melakukan studi di negara lain, Anda bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan terencana, sehingga Anda tidak mengalami kesulitan dana ketika berada di negara orang.

       4. Mengurus dokumen perjalanan

Beberapa dokumen perjalanan yang dibutuhkan biasanya adalah passport, visa, tiket pesawat dan surat sponsor (jika dibutuhkan). Yang dimaksud dengan surat sponsor adalah surat yang menyatakan bahwa ada pihak ketiga yang menjamin Anda di negara tempat Anda melakukan studi, sehingga mempermudah Anda untuk bisa masuk ke negara tersebut.

       5. Peralatan pribadi

Termasuk di dalamnya pakaian dan perlengkapan yang Anda butuhkan ketika tinggal di negara tersebut. Lihat informasi mengenai cuaca di negara yang Anda tuju untuk melakukan studi. Bawalah baju yang tebal jika cuaca di negara itu dingin dan baju yang agak tipis jika negara itu beriklim tropis. Perlengkapan lainnya seperti perlengkapan belajar juga perlu diperhatikan, mengingat harga barang-barang di negara lain biasanya lebih mahal dibanding di Indonesia.

Demikianlah sedikit informasi mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat studi ke luar negeri. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Studi Di Luar Negeri Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger